IMG-LOGO

PEMBINAAN UMKM LEWAT UPPKS

Create By 16 August 2019 13 Views

Berita DesaPolengan;

Polengan 16 Agustus 2019

                Kampung KB "AMPRIH MULYO" Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah siap melakukan pembinaan dan pelatihan melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).
UPPKS yang diintegrasikan dengan program KB (Keluarga Berencana) itu bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga. Tanpa kondisi ekonomi yang baik, mustahil keluarga akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan.
               “Kegiatan usaha ini telah dirintis dan dipelopori oleh Desa bekerjasama dengan Seksi Ekonomi Pokja Kampung KB "AMPRIH MULYO"  yang merupakan model usaha mikro keluarga yang berfungsi untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga melalui pembelajaran usaha ekonomi dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha.
               Untuk mengembangkan kelompok UPPKS ini, lanjut dia, banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Pengurus Pokja Kampung KB yang dimotori oleh Pemerintah Desa Polengan, antara lain memberikan bantuan fasilitas permodalan kepada kelompok yang meliputi dana bergulir, dana BUMDes, SPP (Simpan Pinjam Perempuan), dan Kredit Pengembangan Kemitraan Usaha (KPKU).
              Pengurus Pokja Kampung KB juga melakukan pembinaan dan pengembangan usaha kelompok UPPKS melalui kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kegiatan tersebut, pembinaan kemitraan baik dalam hal permodalan, SDM,produksi, manajemen usaha, penerapan teknologi tepat guna dan pemasaran.
              “Pembinaan jaringan usaha juga dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan akses anggota kelompok ini dengan berbagai pihak dalam pembinaan produksi agar kelompok UPPKS menghasilkan produk, baik kuantitas maupun kualitas, yang sesuai dengan permintaan pasar,membina produk UMKM dengan UPPKS dengan tujuan kedepan semakin banyak produk hasil UMKM yang maju dan berkembang.                Salah satu usaha yang di lakukan Pokja Kampung KB "AMPRIH MULYO" Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang dan merupakan salah satu kegiatan UPPKS adalah pembuatan manisan yang bahan utama dari Buah Pepaya,Buah Nangka Serta Buah Salakdengan nama"SEKAR ARUM"(ZaenalOprt).